PALANGKA RAYA, lintasberita1.com – Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kalimantan khususnya Kalteng, seperti tiada habisnya. Sebagaimana pengakuan dari Kapolsek Pahandut AKP Adia Sutaata, SH., MH, kepada lintasberita1.com, Sabtu (03/07/2019) sore.

“Api yang melahap rerumputan di pinggir jalan Seth Adji sore ini, merupakan terusan dari kebakaran lahan yang sudah terjadi sekitar satu minggu yang lalu,” kata Adia.

Lanjutnya, titik api dimulai dari jalan JHBiti, terus merambat hingga ke pinggir jalan Seth Adji.

“Kami sudah melakukan segala upaya untuk mengatasi api agar tidak meluas. Tapi, karena medan yang cukup sulit untuk di lewati, memaksa mobil pemadam kebakaran tidak bisa mencapai titik api yang masih menyala,” jelas Adia.


Sumber air yang sudah tidak ada, dan lahan yag terbakar adalah tanah gambut, menjadi kendala kami Tim Satgas Kathutla tidak bisa maksimal dalam menangani api tersebut.
“Untuk penyebab kebakaran ini masih dalam penyelidikan,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut Kapolsek Pahandut AKP Adia Sutaata, SH., MH., juga menghimbau kepada Masyarakat untuk bersama-sama mencegah kebakaran agar tidak terjadi lagi. Karena, dampaknya begitu besar bagi kehidupan manusia.

“Waspada terhadap bahaya api,” pungkasnya. Www.lintasberita1.com, #PERDI#