PALANGKA RAYA, lintasberita1.com – Di Hotel Dandang Tingan Jln Yos Sudarso Palangka Raya, telah di selenggarakan sosialisasi “PENYUSUNAN BUKU STANDART INDEKS KEPUASAN PUBLIK, DI JAJARAN POLDA KALTENG 2019” Indeks Kepuasan masyarakat oleh Biro Rena Polda Kalteng, Rabu(17/07/2019).

Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Anang Revandoko, melalui Kabid Humas Polda Kalteng Kompol Hendra Rochwan, SIK menyampaikan kepada lintasberita1.com bahwa kegiatan tersebut di selenggarakan Pihak Polda Kalteng, untuk peningkatkan standart pelayanan publik Kepolisian Republik Indonesia di wilayah Polda Kalteng khususnya.

Sebagai pemateri kegiatan sosialisasi adalah Kabag RBP AKBP Andi Selvi, SP.P yang lintasberitas1.com wawancarai di sela-sela kegiatan mengatakan, bahwa kegiatan ini diperuntukkan kepada 14 Polres jajaran Polda Kalteng.

“Konsentrasi kegiatan ini di laksanakan agar kedepannya para anggota Polres di wilayah kerja Polda Kalteng bisa meningkatkan dan memaksimalkan pelayanan prima kepada publik atau warga masyarakat di daerahnya,” jelasnya.

AKBP Andi Selvi juga menjelaskan bahwa hasil dari indek kepuasan Masyarakat ini dilaksanakan untuk mengevaluasi kinerja personel yang bertugas dibidang pelayanan public, yang ada di wilayah jajaran polda Kalteng.

Sementara itu juga dilaksanakan penyusunan buku standar pelayanan public guna melihat sejauhmana fungsi-fungsi pelayanan yang ada di wilayah telah memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh Kemen PANRB (UU No. 25 tahun 2009).

Selvi menerangkan, dalam kegiatan ini melibatkan 3 fungsi pelayanan yaitu bidang SPKT, SATLANTAS, SATINTELKAM, yang mana fungsi ini bersentuhan langsung dengan masyarakat memberikan pelayanan berupa penerimaan laporan masyarakat, SATLANTAS melayani pembuatan/perpanjangan SIM, STNK, dan SATINTELKAM yang melayani pembuatan SKCK, dan sebagainya.

Tambahnya, kegiatan pengukuran indeks kepuasan Masyarakat akan dilaksanakan pertriwulan, sementara untuk survei pelayanan public akan dilaksanakan satu kali setahun yang melibatkan masyarakat sebagai responden.

“Melaluli kegiatan ini, akan dijadikan sebagai barometer bagi pelayanan yang ada di SPKT, Lantas dan Intelkam dalam meningkatkan pelayanan prima Polres jajaran Polda Kalteng. Dalam hal ini Masyarakat dilibatkan dalam menyusunan standar pelayanan, yaitu sebagai responden dalam pengisian kuisioner pelayanan public,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut berlangsung sehari, dan di ikuti oleh 100 orang anggota perwakilan dari 14 Polres yang daerah wilayah Polda Kalteng. Www.lintasberita1.com, #VANZ#