BARSEL, lintasberita1.com – Karhutla kembali terjadi di Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Provinsi Kalimantan Tengah, tepatnya di Desa Desa Sanggu Jalan Kumbang Bernaung, Rt.004, Rw.002, kel. Kec. Dusun Selatan, Sabtu (07/09/2019), sekitar pukul 13.00 WIB.

“Setidaknya dari kebakatan ini menganguskan lahan dengan luas keseluruhan 1,66 ha,” ungkap Kapolres Barsel AKBP Wahid Kurniawan, S.I.K., melalui Kabidhumas Polda Kalteng Kopol Hendra Rochmawan.

Sebelumnya, Unit Patroli Dusun Selatan bersama dengan Anggota BPBD Kab. Barsel Melaksanakan Patroli didaerah Desa Sanggu Jalan Kumbang Bernaung, Rt. 004, Rw. 002, Kec. Dusun Selatan, Kab. Barsel, Prov. Kalteng, dan pada saat itu ditemukan lahan atau hutan yang sedang terbakar.

Setelah melakukan penyelidikan, didapat informasi bahwa yang telah melakukan pembakaran Lahan atau Hutan tersebut adalah saudara MUHLIS bin KAMAR (51), Agama Islam, Suku Bakumpai, alamat Jalan Buntok-Ampah Km. 07, Rt. 004, Rw. 001, Kec. Dusun Tengah, Kab. Bartim, Prov. Kalteng.

Selanjutnya petugas mencari dan mengamankan MUHLIS dan barang bukti ke mapolsek Dusun selatan untuk menjalani proses penyidikan lebih Lanjut, dengan saksi FEBRY ANUGERAH MARDHATYA Bin FEBRY (37), alamat jalan Panglima Batur Komplek Kehutanan Rt. 014, Rw. 002 Kel. Buntok Kota, Kec. Dusun Selatan, Kab. Barsel, Prov. Kalteng, dan ARBIANOR Alias UTU Bin ASNI (24), alamat Deda Tuyau, Rt.002, Kel. Pematang Karau, Kab. Bartim, Prov. Kalteng.

Kapolres mengatakan, alasan pelaku membakar tumpukan kayu ranting kering bekas potongan kayu tersebut untuk mengusir nyamuk.

“Namun api tersebut ditinggal oleh terlapor makan siang, sehingga api tumpukan kayu ranting kering tersebut merambat meluas ke lahan milik orang lain sehingga mengakibatkan kebakaran yang dengan Luas keseluruhan kurang lebih 1,66 Ha,” jelas Kapolres.

Adapun barang bukti yang turut diamankan berupa, 1 (Satu) Buah Korek Api gas jenis Mancis warna Orange Merk Furtis, 1 (Satu) Potong Kayu yang telah terbakar dengan Panjang kurang lebih 39 Cm dengan diameter 11 Cm, dan 1 (Satu) Potong Kayu yang telah terbakar dengan Panjang kurang lebih 25 Cm dengan diameter 4,5 Cm. Www.lintasberita1.com, #PERDI#