Yulistra Ivo Inginkan Pengrajin Batik Dari Pemuda Lokal Kalteng

PALANGKA RAYA, lintasberita1.com – Forum Kordinasi Pemberdayaan UMKM Tahun 2019 digelar di Rauang Aula Dinas Bappedalitbang Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Kamis (14/11/2019) pagi.

Secara simbolis kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Fahrizal Fitri, S.Hut., M.AP yang diwakili oleh Asisten II H. Nurul Edy yang berhalangan tidak bisa datang dalam acara tersebut.

Ketua Dekranasda Kalteng Yulistra Ivo Sabran saat diwawancarai awak media mengatakan, saat ini para pelaku UMKM di Kalteng sudah terbilang cukup mandiri sebagai pengrajin kreatif. Namun, Ivo masih menyayangkan ternyata untuk pengrajin benang bintik kalteng, sangat sedikit tenaga lokal yang menekuni bidang tersebut.

“Pengrajin benang bintik dari orang lokal Kalteng masih sedikit, yang paling banyak itu adalah mereka dari pulau Jawa,” ungkap Ivo.

Maka dari itu, kedepan akan dilaksanakan workshop yang bisa meningkatkan sumber daya manusia (SDM), dengan menghadirkan narasumber-narasumber yang kompeten di bidang disaigner batik, untuk benar-benar dia melakukan pembinaan dan pelatihan kepada putra-putri daerah supaya batik khas kalteng tetap lestari.

“Selain itu kami juga akan berusaha mengarah kepada Canting Digital, tujuannya untuk membuat anak muda ini mau berkreatifitas dan melestarikan benang bintik Kalteng,”kata Ivo.

Karena untuk menjangkau anak-anak muda, kalo masih menggunakan cara konfensional yaitu Canting mereka males untuk mempelajarainya, dan ini merupakan langkah Dekranasda untuk meningkatkan kualitas SDM.

“Saya selaku Ketua Dekranasda Kalteng memang hanya bisa membantu UMKM itu hanaya dari segi pembinaan kualitas produk, promosi, SDM dan sebagainya. Sedangkan untuk permodalan kami hanya bisa menjembatani UMKM dengan para perbankan,” jelas Ivo.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Tengah Dr. Lies Fahimah juga mengatakan, saat ini UMKM jumlahnya semakin meningkat, dan ini tidak terlepas dari perhatian pak Gubernur yang telah mensupport para pelaku UMKM.

“Kami dari dinas Koperasi yang membina UMKM tentunya tidak bisa bkerja sendiri, makanya dipertemuan ini kami berkordinasi dengan Dekranasda yang memang mewadahi industri-industri kreyatif, untuk kepentingan UMKM,” tambahnya.

“Saya juga sangat bangga dengan ibu Ketua Dekranasda Yulistra Ivo yang selalu kreatif untuk mengadakan kegiatan-kegiatan yang bertujuan memajukan UMKM di Kalteng, dan itu telah menjadi motivasi kami untuk jadi lebih semangat dalam melakukna pembinaan kepada pelaku UMKM,” pungkasnya. www.lintasberita1.com, #PERDI#

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *