Wagub Hadiri Rapat Paripurna DPRD Provinsi Kalteng

PALANGKA RAYA, lintasberita1.com – Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Ismail bin Yahya menghadiri Rapat Paripurna ke-5 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2020, Selasa (28/01/2020) pagi.

Rapat Paripurna yang dipimpin langsung oleh Wakil Ketua I DPRD Kalteng H. Abdul Razak, bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi Kalteng.

Rapat tersebut dalam rangka menyampaikan tanggapan atau jawaban Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BAPEMPERDA) atas masukan, saran dan/ atau pendapat Gubernur Kalimantan Tengah terhadap 2 (dua) Raperda Inisiatif DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, tentang Pembentukan perturan Daerah Provinsi Kalimantan Tengah dan Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana.

Sebelumnya Gubernur telah menyampaikan 2 (dua) Raperda Insiatif DPRD telah pada Rapat Paripurna ke-4 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2020, pada hari Senin (27/01/2020).

Kepada awak media, Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail bin Yahya menyampaikan, Pemerintah Provinsi sudah memiliki perda mengenai tanggap darurat bencana. Namun, apabila ada perda inisiatif dari DPRD, maka menurut aturan perda yang berasal dari pemerintah akan menjadi pembanding atau pembantu.

“Kita mengharap dalam perda ini nantinya bisa mengatur tentang pendanaan untuk pencegahan bencana. Karena dana-dana yang dikeluarkan saat ini pertanggungjawabannya sangat luarbiasa sekali,” kata Wagub.

“Dengan adanya payung hukum perda ini, kita harapkan bisa menganggarkan untuk kegiatan-kegiatan dan program-program pencegahan dengan optimal,” lanjutnya.

Disinggung mengenai rencana anggaran dana yang akan dikucurkan dalam kegiatan tanggap bencana, Wagub menjelaskan, terlebih dahulu akan melihat kemampuan keuangan daerah, serta program-program apa saja yang nanti akan dilaksanakan.

Namun, pemerintah sudah memiliki Dana Tidak Terduga yang disiapkan di Badan Keuangan Daerah, untuk menghadapi kegiatan-kegiatan maupun program-program yang tidak terduga.

“Jadi, untuk berapa besar dana yang akan dianggarkan masih belum,” tuturnya.

Turut hadir juga dalam kegiatan tersebut, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), sejumlah Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng dan para Anggota Dewan serta tamu undangan. Www.lintasberita1.com, #PERDI#

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *