PALANGKA RAYA, lintasberita1.com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah menggelar Festival Budaya Isen Mulang 2019, yang dibuka sejak malam Selasa (17/06/2019).

Kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan peserta yang mewakili dari 13 kabupaten dan 1 kota yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah.

Adapun cabang lomba yang dipertandingkan hari ini, Rabu (19/06/2019) adalah lomba sepak bola api (Sepak Sawut) dan lomba tari kreasi pesisir yang di selenggarakan di lokasi area wisata Tumenggung Tilung Palangkaraya Provinsi Kalimantan Tengah.

Saat diwawancarai, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kalimantan Tengah Baru I Sangkai mengatakan, bahwa ia sangat mengapresiasi lomba olah raga tradisional Sepak Sawut tersebut.

Baru berharap, dengan di adakannya kegiatan-kegiatan seperti ini bisa memicu semangat dan minat para putra-putri Kalteng, khususnya agar bisa menggali dan mewarisi budaya leluhur dan nenek moyang agar kebudayaan tersebut tidak luntur dan hilang nantinya. Serta dapat di di wariskan kepada anak cucu kita kelak, agar semua pihak warga Kalimantan Tengah bersama-sama melestarikan budaya-budaya kita tersebut.

“Kedepannya olah raga Sepak Sawut bisa menjadi Icon wisata yg bisa di tampilkan kepada wisatawan domestik dan internasional,” pintanya.

Lanjutnya, Semoga nanti pihak dinas terkait, bisa membina serta menjadikan budaya tersebut menjadi tontonan di Objek wisata Sebangau Provinsi Kalimantan tengah.

Bapak Dr Guntur Talajan Mpd dalam sambutannya, menyampaikan agar para generasi muda Kalimantan tengah dapat lebih berkreasi dan mencintai seni serta kebudayaan Kalimantan tengah yang kita cintai ini.

“Teruslah berkembang dan maju bukan hanya di tingkat provinsi dan nasional, tetapi Go Internasional yang bisa menarik minat wisatawan mancanegara berkunjung ke Kalimantan Tengah,” imbuhnya. Www.Lintasberita1.com, #VANZ#