Rincian Penggunaan Dana Covid-19 Tidak Jelas, DPRD Provinsi Kalteng Bentuk Pansus

PALANGKA RAYA, lintasberita1.com – Untuk diketahui, rencana anggaran dana yang akan dikeluarkan Pemerintah dalam menangani penyebaran corona virus di Provinsi Kalteng sebesar 689 Milyar Rupiah.

Namun besarnya angka tersebut rupanya menuai pertanyaan besar bagi para legislatif, yang juga sebagai perwakilan masyarakat Kalteng, bahwa anggaran 689 Milyar tersebut dianggap terlalu besar.

“Kami merasa relokasi anggaran covid-19 itu terlalu besar, dan rincian penggunaannya tidak jelas,” kata Ketua Komisi 1 DPRD Provinsi Kalteng Freddy Ering saat Video Conference di Ruang Rapat Comisi I.

Video conference yang dilakukan bersama Anggota DPRRI Teras Barang, dihadiri juga oleh anggota dream yang hadir langsung ke ruang Rapat, juga melalui video conference.

Freddy menyayangkan apa yang telah dilakukan pemerintah. “Kami sudah berulang kali meminta rincian penggunaan dana tersebut, namun sampai sekarang kami belum menerimanya. Kami menduga pemerintah tidak mau terbuka dengan kami,” jelas Freddy.

Terlebih lagi, Freddy mengungkapkan bahwa pembuatan rancangan anggaran covid-19 di Kalteng sama sekali tidak melibatkan anggota Dewan sebagai mitranya. “Alasan mereka berpedoman pada SKB Menteri yang memberikan ijin pemerintah provinsi untuk melakukan diskresi untuk menyusun sendiri, menggeser sendiri, anggarannya tanpa harus melibatkan Dewan,” imbuhnya.

Freddy menambahkan, atas dasar tersebut lah kami kemudian membebtuk pansus yang bertujuan untuk memantau langsung bagaimana penggunaan dana Covid-19, apakah tepat sasaran atau tidak tepat sasaran.

Bijaknya seorang Teras Narang, sebelum menanggapi hal tersebut, ia menegaskan bahwa tidak ingin terlibat sampai ke internal pemerintah dan DPRD.

Tapi yang harus di carats bahwa, tutur Teras, diskresi tersebut tidak bisa dilakukan satu pihak saja, karena ujung-ujungnya DPRD lah yang akan menetapkannya nanti.

“Jadi pembuatan rencana anggaran pandemi covid-19 tersebut harus melibatkan DPRD sebagai mitra yang akan mensahkan anggaran tersebut,” pungkasnya. Www.lintasberita1.com, #PERDI#

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *