PALANGKARAYA , lintasberita1.com – Di GPU Bapeda Provinsi Kalimantan Tengah telah di laksanakan rapat koordinasi teknis bidang Komunikasi dan Informatika, Persandian dan Statistik se Kalimantan Tengah yang sebagai pelaksananya Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Kalimantan Tengah.

Dalam acara tersebut Polda Kalteng turut sebagai pembicara, Kapolda Kalteng, Brigjen Pol Drs Anang Revandoko melalui Kabid Humas AKBP H Pambudi Rahayu yang diundang menjadi salah satu narasumber dalam penyampaiannya, menegaskan bahwa kegiatan itu bertujuan secara teknik mengenal dan mengetahui persaingan tentang dunia internet, sistem, cara pengoprasian sampai pada mengenal bagaimana bentuk-bentuk kejahatan yang dilakukan di dunia maya, atau dunia Internet sesuai apa yang tercantum dalam Undang-Undang, yang lebih dikenal dengan berita hoax atau berita bohong juga ada ujaran kebencian.

Dalam penyampaiannya Kabid Humas  juga memaparkan bagaimana teknik Polda Kalteng mengungkapnya kejahatan dunia maya, dunia internet.

” Dalam acara rapat Koordinasi Teknis bidang Komunikasi dan Informatika, Persandian dan Statistik se-Kalimantan Tengah ini semua peserta dapat tau secara persis seperti apa Dunia Internet itu dan juga dapat mengenal, memfilter bagaimana berita hoax atau berita bohong, serta ujaran kebencian yang sering kita lihat di media sosial, seperti apa yang tadi saya persentasikan,” kata Kadiv Humas Polda Kalteng.

Banyaknya postingan berita bohong, ujaran kebencian, serta fitnah, aksi pornografi yang di dunia maya, umpama di youtube, instagram, facebook, dan media sosial lainnya harus diwaspadai.

“Harapan saya kepada masyakarat, cerdas lah sebelum dishare, jangan asal share, supaya jangan ada berita yang sifatnya ujaran kebencian dan hoax,” tandasnya