Pemprov Kalteng Salurkan BLT Ke 1.133 Petani Palangka Raya

PALANGKA RAYA, lintasberita1.com – Akibat pandemi Covid-19, dampaknya begitu terasa bagi masyarakat di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), khususnya bagi para petani yang berada di Kota Palangka Raya.

Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, Gubernur H. Sugianto Sabran melewati Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Kalteng memberikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada para petani di Kota Palangka Raya sebesar Rp. 500.000 / KK-nya, yang disalurkan langsung oleh PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah, di halaman Kantor TPHP Provinsi Kalteng, Jumat (19/06/2020) pagi.

“Bantuan ini merupakan wujud kepedulian Bapak Gubrnur H. Sugianto Sabran kepada para petani yang terdampak covid-19 di Kota Palangka Raya, dengan memegang harapan para petani tetap semangat untuk bertani dalam memenuhi kebutuhan Masyarakat, khusunya Provinsi Kalimantan Tengah,” ucap Kadis TPHP Prov. Kalteng Sunarti.

Sunarti mengatakan, berdasarkan data ERDKK yang petani di Provinsi Kalteng ada sekitar 73.000 lebih. Namun karena ada satu kabupaten datanya belum masuk, yaitu Kapuas, jadi yang bisa dikonfirmasi datanya adalah 37.703 KK, dengan totsl nilai bantuan sebesar Rp. 18.851.500.000,- (Delapan Belas Milyar Delapan Ratus Lima Puluh Satu Juta Lima Ratus Ribu Rupiah), dan khusus untuk Kota Palangka Raya pagi hari ini adalah sebanyak 1.133 KK, dengan nilai bantuan sebesar Rp. 566.500.000,- ( Lima Ratus Enam Puluh Enam Juta Lima Ratus Ribu Rupiah).

Sunarti menuturkan, pembagian BLT tersebut akan dibagi 3 tahap, karena jumlah penerima cukup besar yaitu 1.133 KK, akan membutuhkan waktu yang cukup panjang.

“Saya minta dalam proses pembagian BLT nanti, Bapak – Ibu bisa tertib dan tetap menjalankan protocol kesehatan yang berlaku, tetap pake masker dan jaga jarak,” pesan Sunarti mengakhiri sambutannya.

Acara pembagian BLT dimulai dengan penyerahan secara simbolis kepada 6 orang perwakilan petani yang hadir oleh Kepala Dinas TPHP Provinsi Kalteng Sunarti.

Salah seorang penerima bantuan sosial, Sutikno petani dari Kelampangan mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Gubernur Kalimantan Tengah, setelah menwrima BLT.

“Saya sangat berterimakasih kepada Bapak Gubernur H. Sugianto Sabran, yang telah mengulurkan tangannya memberikan bantuan kepada kami para petani kecil,” ucapnya dengan gembira.

Kepada Lintasberit1.com, Sutikno menjelaskan sebelum covid-19 ada, ia bisa memperoleh omset hingga 2 juta perbulan, namun semenjak merebaknya covid perbulannya hanya bisa mendapatkan sekitar kurang lebih 1 jutaan saja.

“Dengan bantuan ini saya merasa sangat terbantu,” ucapnya lagi. Www.lintasberita1.com, #PERDI#

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *