Peduli Penghijauan, Kapolsek Arutara Tanam 50 Pohon Berbuah

KOBAR, lintasberita1.com – Kepolisian Sektor Kecamatan Arut Utara (Arutara) Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah, Senin (06/01/2020) kemarin, melaksanakan penanaman pohon durian, matoa, rambutan dan klengkeng. Dari 50 jumlah pohon yang ditanam tersebut meliputi, 10 pohon durian, 5 pohon matoa, 30 pohon rambutan dan 5 pohon kelengkeng.

Kegiatan yang dilaksanakan di Pasar Baru Kelurahan Pangkut Kecamatan Arut Utara tersebut dengan tema “Polri Peduli Penghijauan” banyak mendapatkan dukungan dari unsur Muspika, tokoh masyarakat, Ormas dan perusahaan. Di antara yang hadir dalam kegiatan itu adalah Camat Arutara, anggota Koramil, KUA, Lurah Pangkut, Damang, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, PT Ensbury Kalteng Mining (EKM), PT SINP-PBNA, PT BJAP, PT Korintiga Hutani, Guru SD, SMP, SMA di Pangkut, PAC GP Ansor, Banser dan Fordayak.

“Lahan seluas 1 hektar di sekelilingnya kita tanami 4 jenis pohon berbuah. Disamping untuk penghijauan juga buahnya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” tandas Kapolsek Arutara, Ipda Rahis Fadhlillah, S.Tr.K kepada awak media usai kegiatan.

Selain bermanfaat untuk penghijauan, sambung Rahis, 50 tanaman tersebut juga difungsikan untuk memperbaiki kondisi hidro-orologi suatu wilayah yaitu penanaman pohon bertujuan untuk mencegah terjadinya banjir, erosi, tanah longsor, serta melestarikan sumber mata air.

“Tujuan lain adalah mempertahankan kesuburan tanah yaitu dalam rangka pengembalian unsur hara ke tempat tumbuh secara baik,” imbuhnya.

Sementara itu, Kanit Binmas Polsek Arutara Bripka Ratno Eko. M, mengajak kepada seluruh elemen masyarakat agar peduli penghijauan. Karena, lanjut dia, pohon merupakan penghasil oksigen yang bersih dan dibutuhkan setiap makhluk yang ada di bumi ini.

“Mari bersama-sama menjaga dan memelihara pohon yang ada disekitar kita untuk menjadi penyangga ekosistem alam serta penghasil oksigen yang bersih,” ucapnya. www.lintasberita1.com, #Suhud Mas’ud#

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *