Peduli Lingkungan, Mahasiswa KKN-T UPR Kelompok 73 Sosialisasikan Dampak Karhutla Kepada Masyarakat

PULANG PISAU, lintasberita1.com – Sebagai bentuk kepedulian terhadap Kebakaran Hutan dan Lahan (KARHUTLA), Kelompok 73 mahasiswa Universitas Palangka Raya (UPR) yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) melakukan Sosialisasi terkait Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Desa Purwodadi dan sekitarnya, Selasa (25/08/2020).

Dengan adanya sosialisasi tersebut yang bertujuan untuk melindungi dan melestarikan hutan dan lahan dari ancaman bahaya kebakaran hutan dan lahan, khususnya saat musim kemarau terutama di daerah purwodadi yang kebanyakan terdiri dari lahan gambut.

“Sebagai generasi muda yang akan memimpin kelak tentu harus dapat ikut aktif dalam pencegahan dan mensosialisasikan bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan, selain menyebabkan kebakaran juga dapat menimbulkan bencana kabut asap yang berdampak pada kesehatan terutama anak kecil yang sangat rentan terkena ISPA” Ucap Ketua Kelompok 73 KKN-T UPR Febri Advendri.

Lebih lanjut, Dalam melakukan sosialisasi di jelaskan juga cara untuk mencegah kebakaran hutan. Di antaranya, dengan cara pembukaan lahan tanpa bakar (PLTB), karena membakar dapat menghilangkan organisme yang baik untuk tanaman.

dampak dari karhutla adalah rusaknya lingkungan, musnahnya ekosistem dan terganggunya kesehatan masyarakat.

“Dengan mengajak masyarakatnya untuk selalu peduli terhadap kelestarian hutan dan ekosistem yanh ada di dalamnnya, selalu menjaga hutan dan tidak membersihkan kebun dengan cara membakar, hendaknya kita selalu menjaga ekosistem di hutan dan lahan kita agar hutan dan lahan kita tetap terjaga agar terhindar dari kebakaran hutan dan lahan” tutup Lasino Selaku Ketua MPA yang mendampingi Mahasiswa KKN-T.

www.lintasberita1.com *#RISMAN#*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *