Panglima Jilah Lestarikan Adat Budaya Dayak Arut Utara dan Kukuhkan PAC TBBR

Kotawaringin Barat, lintasberita1.com – Kehadiran Pangalangok Jilah atau Panglima Jilah dari Kalimantan Barat di Kelurahan Pangkut Arut Utara Kotawaringin Barat (Kobar) Kalimantan Tengah disambut oleh ratusan warga, Senin (20/7) sore. Penyambutan Pimpinan Tertinggi Tario Borneo Bangkule Rajakng (TBBR) berjalan sangat meriah dengan adat istiadat budaya Pangkut dan juga dengan iringan beberapa macam tarian adat Suku Dayak itu sendiri.

Camat Kecamatan Arut Utara, M.Nursyah Ikhsan yang diwakili oleh Sekcam Thomas Nasir dalam sambutannya menyampaikan pentingnya merawat budaya Suku Dayak di Arut Utara. Sekcam juga menghimbau kepada generasi mendatang agar ikut melesatarikan adat dan budaya Suku Dayak yang ada di Kalimantan khususnya di Arit Utara ini.

Ungakapan senada juga disampaikan oleh Pimpinan Tertinggi TBBR, Panglima Jilah. Dalam paparannya Panglima mengajak seluruh elemen masyarakat Suku Dayak agar tetap merawat dan melesatarikan adat dan budaya yang merupakan warisan turun temurun dari nenek moyang serta para leluhur Suku Dayak di seluruh Kalimantan.

“Bukan hanya melesatarikan adat dan budaya, namun adat ini harus kita kembangkan bersama,” tandas Panglima di hadapan ratusan warga yang hadir.

Selain itu, Panglima juga mengingatkan agar generasi muda ikut berperan aktif dalam melestarikan dan mengembangkan adat budaya Suku Dayak yang mulai terkikis oleh modernisasi zaman. Era saat ini, kata Panglima, adalah era digital dan tehnologi namun bukan berarti semua itu bisa menggerus adat dan budaya yang selama ini menjadi cirikhas masyarakat Suku Dayak itu sendiri.

Panglima juga mengajak kepada seluruh Suku Dayak agar bersatu padu satu dengan yang lain. Karena dengan persatuan itulah akan mewujudkan kekuatan serta bisa mewujudkan semua cita-cita para pendahulu dan para tokoh Suku Dayak khususnya dalam membangun bumi Borneo ini.

Diketahui, kegiatan yang digelar di halaman kediaman tokoh masyarakat Suku Dayak Pangkut yakni Darsani ini direncanakan akan berjalan hingga pada hari Rabu mendatang. Usai penyambutan hari ini, rencananya esok akan diadakan pengukuhan Pimpinan Anak Cabang (PAC) TBBR untuk wilayah Kecamatan Arut Utara Kobar. Dan pada hari berikutnya akan dilanjutnya dengan acara pisah sambut dengan Pimpinan Tertinggi TBBR yakni Panglima Jilah.

Pada kesempatan ini pula, jajaran anggota Polsek Arut Utara yang dipimpin Kapolsek Ipda Rahis Fadhillah serta anggota Koramil 1014-04 turut hadir dan membantu jalannnya kegiatan tersebut. (SM-LB1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *