PALANGKA RAYA, lintasberita1.com – Masih dalam peringatan Hari Bakti Adhyaksa, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengadakan kegiatan bakti sosialOperasi Mata Gratis kepada penderita katarak, di dalam Aula Kejati, Sabtu (4/8/2018) pukul 09.00 WIB.

Berdasarkan pantauan lintasberita1.com, operasi katarak gratis ini diikuti sebanyak 358 orang dari seluruh wilayah Hukum Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah.

Kepala Kejati Kalimantan Tengah Adi Sutanto, SH., MH., mengatakan, sebagaimana kita ketahui penyakit katarak adalah penyakit berbahaya yang bisa menyebabkan kebutaan bagi manusia, dan perlu dilakukan penanganan yang tepat.

Lanjutnya, Indonesia meneduduki peringkat ke-2 kebutaan akibat menderita katarak di Dunia. Di Indonesia kebutaan akibat katarak menduduki peringkat pertama se-Asia. Sedangkan Provinsi Kalteng angka prefalensi katarak sebesar 1,4% dari jumlah penduduk dan menduduki peringkat ke-29 secara Nasional, dan untuk kebutaan akibat katarak sebanyak 0,5% menempati urutan ke-20 secara Nasional.

“Karena itu, kami merasa perlu kiranya melalsanakan operasi katarak gratis bagi penderita katarak. Hal ini Bukan hanya sekedar tanggung Jawa kita, tetapi juga merupakan keharusan sebagai bentuk kepedulian sosial sesama manusia, dalam rangka mewujudkan kalimantan yang sehat, cerdas dan sejahtera,” jelasnya.

Ia menambahkan, dengan kegiatan ini diharapkan mampu menghapus stigma yang menganggap kejaksaan hanya mengungkap, memeriksa, menangkap, dan memenjarakan tindak pidana kejahatan, tapi kejaksaan juga bisa membantu sesama manusia seperti yang dilakukan saat ini.

Neneng salah satu pasien operasi katarak gratis mengucapkan terimakasih kepada Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah, karena dengan adanya kegiatan ini sangat membantu bagi penderita katarak yang kurang mampu.”

Saya merasa sangat terbantu, apalagi saya termasuk orang yang kurang mampu untuk melakukan operasi mata katarak,” kata Neneng. www.lintasberita1.com, #PERDI#