Jalan TMMD Gandis – Kerabu Segera Dibuka, Warga Akan Hemat 30 Kilometer

Kotawaringin Barat, lintasberita1.com – Pembukaan jalan Desa Gandis menuju Desa Kerabu Kecamatan Arut Utara (Arutara) Kotawaringin Barat akan segera dimulai. Pembangunan pembukaan jalan baru sejauh 15 kilometer itu merupakan program dari TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Ini adalah salah satu wujud Operasi Bhakti TNI yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen lainnya.

Tujuan dilaksanakan program ini guna meningkatkan pelayanan TNI kepada masyarakat secara terintegrasi demi meningkatkan kualitas layanan publik yang tepat sasaran. Terbukanya akses jalan dari Gandis menuju Kerabu akan menghemat perjalanan sekitar 30 kilometer khususnya bagi warga Kerabu yang hendak ke Kantor Kecamatan.

Perlu diketahui, hingga saat ini warga Kerabu masih menggunakan jalan Perusahaan Korintiga Hutani mengingat jalan negara masih sulit dilalui pada saat musim hujan dan harus memutar.

Dalam kunjungannya kali ini, Komandan Kodim 1014/Pbn Letkol Infantri Yudi Rianto Ratu tepatnya di titik nol lokasi yang mau dikerjakan mengatakan dalam waktu dekat pembukaan jalan tembus ini akan dikerjakan dengan melibatkan PU dan TNI khususnya anggota Koramil 1014-04 Arutara.

“Kita sudah bisa mulai untuk pembukaan jalan tembus menuju Desa Kerabu ini. Tentunya melibatkan PU dan TNI itu sendiri dibantu oleh semua pihak,” jelas Yudi kepada awak media, Sabtu (25/7) siang.

Selain meninjau lokasi TMMD, Dandim juga diminta warga untuk peletakan batu pertama dalam pembangunan Gereja Bethel Indonesia (GBI) Gandis dengan luas bangunan 10 x 20 meter yang direncanakan hingga pada tahun 2021 nanti.

Komandan Rayon Militer (Danramil) Arutara, Kapten Yunus memaparkan pada giat TMMD kali ini dirinya bersama anggota akan melibatkan semua unsur pemerintah, korporasi serta seluruh elemen masyarakat. Ia menilai, kunci dari keberhasilan dalam suatu pembangunan adalah kebersama yang melibatkan semua pihak.

“Akan lebih maksimal jika pembukaan jalan ini bersama-sama. Satu dengan lainnya saling mengisi demi terwujudnya pembangunan yang lebih maksimal,” papar Yunus.

Ia menambahkan, pada kegiatan kali ini, TMMD akan membuka jalan dengan menggunakan alat berat mengingat lokasi yang akan digarap saat ini masih berbentuk hutan belantara. Maka, lanjutnya, selain meminta semua pihak mendukung, dirinya juga berharap agar curah hujan sudah mulai berkurang sehingga lebih memudahkan program ini.

“Semoga curah hujan lekas menurun agar lebih mudah dalam mengerjakan,” tukasnya.

Pada kegiatan TMMD ini, pihak Koramil sebelumnya juga akan berkoordinasi dengan semua pihak khususnya pihak desa dan warga setempat yang lahannya akan dilewati jalan tersebut. Yunus meminta kepada warga agar semuanya mendukung, karena percepatan pembangunan infrastruktur akan menjadi penopang kemajuan segala bidang khususnya pada sektor ekonomi.

“Kalau jalannya bagus dan lebih dekat otomatis daerah ini akan cepat berkembang dan maju,” pungkasnya. (SM-LB1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *