Jalan A. Yani Puruk Cahu Terancam Putus

MURUNG RAYA, lintasberita1.com – Saat Tim lintasberita1.com melintas di Jalan A.Yani, Puruk Cahu melihat ada kejanggalan pada jalan tersebut.

Jalan yang tidak jauh dari persimpangan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Murung Raya (Mura), atau arah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) jalur sebelah kanan disamping bangunan gedung Putih terdapat Terpal berwarna Coklat yang terpasang untuk menutupi longsor/jurang.

Tim lintasberita1.com kemudian melakukan investigasi untuk mengumpulkan informasi, pada Kamis, (03/12/2020).

Dari hasil wawancara dengan seorang warga sekitar yang berinisial (BN) mengatakan, bahwa tepat di bawah jalan tersebut ada sungai kecil atau jalur air yang perlahan mengikis tanah jalan A. Yani tersebut.

“Saya berharap agar pemerintah daerah Kabupaten Murung Raya (Mura) atau Instansi terkait dan Pemangku Jabatan, memperhatikan jalan tersebut agar segera di perbaiki dikarenakan selain membahayakan pengguna jalan juga berimbas kepada masyarakat sekitar yang tinggal di Daerah tersebut,” harapnya.

Lebih lanjut BN menyampaikan, jika diamati lebih dekat kerenggangan antara Terpal Coklat tersebut sangat jauh dari Badan Jalan, diakibatkan semakin menurunnya tanah longsor yang semakin hari semakin bertambah.

“Apabila hal ini tidak ditangani dengan cepat dan tepat, mungkin jalan ini akan putus,” tegasnya.

Dari hasil konfirmasi Tim lintasberita1.com, kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penaataan Ruang telah diketahui “Terpal berwarna Coklat sengaja dipasang upaya penanganan darurat supaya air hujan tidak masuk ke pori pori tanah secara langsung hanya untuk memperlambat longsor” ungkapnya.

Diakui oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Murung Raya bapak Richard, ST bahwa jalan tersebut sudah mengalami penurunan sejak tahun 2018 namun akibat terkendalanya dana ( refokusing anggaran) sehingga Pemerintah Daerah Kabupaten Murung Raya baru bisa menganggarkan pada tahun 2021 dan akan di kerjakan tuntas total penanganannya dengan nilai Rp.5.000.000.000.- (Lima Milyar Rupiah), tegasnya.

www.lintasberita1.com #timlintasberita1.com#

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *