Hari Ikan Nasional Ke-6 Provinsi Kalteng Gelar Lomba Masak dan Tangkap Ikan

PALANGKA RAYA, lintasberita1.com – Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) memperingati Hari Ikan Nasional Ke-6 Tahun 2019 yang digelar di Jl. Brigjen Katamso, Kota Palangka Raya, Minggu (17/11/2019) sekitar pukul 06.00 WIB.

Untuk memeriahkan peringatan tersebut, Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Kalteng menyediakan Dorprize, Bazar/ Pameran Produk Perikanan, Pentol Gratis, serta mengadakan lomba Menangkap Ikan dan lomba Memasak yang diikuti oleh 12 Kabupaten dan 1 Kota.

“Satu Kabupaten yang tidak bisa mewakili untuk ikut lomba memasak adalah Katingan, alasannya tidak memiliki biaya atau anggaran untuk iven ini,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Ir. Darliansjah, M.Si kepada Lintasberita1.com.

“Kami akan menyurati Dinas terkait agar di Tahun 2020 nanti pemerintah daerah bisa menganggarkan untuk mengikuti iven tahunan ini,” lanjutnya.

Darliansjah menjelaskan, untuk cabang lomba memasak ini ada 3 kategori yang harus disajikan oleh setiap peserta, yakni Menu Balita, Menu Kudapan, dan Menu Keluarga yang langsung dimasak di tempat lomba dengan lama waktu 1 jam 30 menit.

Adapun hadiah bagi pemenang lomba memasak adalah berupa sebuah plakat berbentuk ikan dan uang pembinaan senilai Rp. 5.500.000 untuk juara pertama, Rp. 4.500.000 untuk juara kedua, dan Rp. 4.000.000 untuk juara ketiga.

“Tadi sudah kita dapatkan hasil yang meraih juara pertama adalah dari Kota Palangka Raya, dan nanti akan diikutsertakan dalam lomba memasak tingkat Nasional pada tanggal 21 November 2019, di Jakarta,” ungkap Darliansjah.

Tambahnya, tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah untuk mendorong Masyarakat, Ibu-Ibu PKK, untuk selalu mengkonsumsi ikan. Karena, ikan memiliki protein yang tinggi bagi tubuh manusia, dan mengkonsumsi ikan adalah salah satu program pemerintah daerah untuk menanggulangi masalah stunting.

“Kepada masyarakat, ayo konsumsi Ikan,” pungkasnya.

Kegiatan memperingati Hari Ikan Nasional Tahun 2019 tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Fahrizal Fitri sekaligus membuka acara secara resmi peringatan Hari Ikan Nasional, dengan diikuti oleh SOPD Provinsi Kalimantan Tengah, Ibu-Ibu PKK, Tamu Undangan, dan Ratusan masyarakat yang hadir turut memeriahkan kegiatan tersebut.

Sekda Provinsi Kalteng juga berkesempatan meluncutkan balon udara sebagai tanda dilaunchingnya websait “Geoportal Laut Berkah”. Www.lintasberita1.com, #PERDI#

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *