GUBERNUR KALTENG UPAYA TINGKATKAN PRODUK PERTANIAN KALTENG

PALANGKA RAYA , lintasberita1.com– Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran beserta Yulistra Ivo Sugianto Sabran sebagai Ketua TP PKK Prov Kalteng menghadiri sekaligus meresmikan Pembukaan Pasar Tani BERKAH yang bertempat di halaman Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah, Jumat (24/7/2020).

Dalam upaya untuk mendukung pengembangan akses pemasaran langsung dari petani/produsen produksi pertanian, Pemerintah daerah melakukan  penyelenggaraan kegiatan Pasar Tani. Di dalamnya kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu petani dalam meningkatkan akses pasar sekaligus mendorong peningkatan  produk lokal di Kalteng. Sehingga masyarakat luas dapat membeli produk pertanian berkualitas dan dengan harga terjangkau.

Dengan keadaan  pandemi Covid-19 ini distribusi pangan mengalami hambatan dan permintaan produk terutama dari aktivitas Horeka (Hotel, Restoran dan Kantor) mengalami penurunan. Dengan hal itu pemerintah tidak tinggal diam membiarkan masyarakat mengalami krisis pangan. melalui kegiatan Optimalisasi Produk Pertanian dengan melakukan pembelian produk petani yang selanjutnya didonasikan kepada masyarakat pada kegiatan Pasar Tani ini.

“Saya mengimbau kepada para petani agar konsisten dalam usaha pertaniannya dan meningkatkan mutu produk pertanian sehingga swasembada pangan dan mampu bersaing dengan daerah lain baik secara kualitas maupun kuantitas,” Tegas Sugianto.

H. Sugianto Sabran tidak lupa untuk mengingatkan agar selalu menggunakan masker dan menjalani protokol kesehatan secara khusus kepada para petani karena petani adalah yang menjaga kedaulatan ketahanan pangan terlebih lagi dengan adanya Food Estate di Kalimantan Tengah.

Pada acara tersebut Gubernur Kalteng sekaligus  Meresmikan pembukaan penyelenggaraan Pasar Tani BERKAH juga penyerahan bantuan 100 paket sembako dan 25000 bibit cabe dan bibit jeruk kepada para petani dari Pemerintah Provinsi.

“Saya berharap semoga pasar tani ini membawa berkah untuk kita semua serta mendapatkan dukungan dari semua pihak dengan saling bahu-membahu membangun Kalimantan Tengah, agar lebih maju dan sejajar dengan Provinsi lainnya di wilayah Republik Indonesia Urai” ungkap Akhir penyampaiannya H.Sugianto Sabran.

dalam acara tersebut di hadiri , Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Yuas Elko, Inspektur Prov. Sapto Nugroho, Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Sunarti, Kadis PUPR Shalahuddin, Kepala Disperkimtan Leonard S. Ampung, serta beberapa Kepala Perangkat Daerah.
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Syahril Tarigan, Kepala Dinas PUPR Ir. Shalahuddin, ST., MT, Kepala Dinas Perkimtan Ir. Leonard S. Ampung, MM., MT, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Dra. Lilis Suriani, MM., MM.RS, Kepala Bappeda Ir. Yuren S. Bahat, MM., MT, dan beberapa Undangan . www.lintasberita1.com
*#TIM#*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *