DPRD Palangka Raya Gelar Rapat Paripurna Ke-9 Masa Sidang II Tahun 2020

PALANGKA RAYA, Lintasberita1.com – pada hari Selasa (17/03/2020) Siang, telah dilaksabakan Sidang Paripurna Ke-9 Masa Sidang II Tahun 2019/2020 DPRD Kota Palangka Raya, di Gedung DPRD, Jln. Tjilik Riwut.

Rapat paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto turut dihadiri Walikota Fsirid Naparin dan Wakil Walikota Palangka Raya Umi Mastikah, serta tamu undangan.

Dalam Agenda Rapat Paripurna Ke-9 Masa Sidang II Tahun 2019/2020 ini membahas tentang Rancangan Peraturan DPRD Tentang Tata Beracara BK dan Laporan Hasil Fasilitasi Gubernur Terhadap Rancangan Peraturan DPRD Tentang Kode Etik Serta pembacaan keputusan pimpinan DPRD Kota Palangka Raya, dan penandatanganan keputusan pimpinan DPRD Kota Palangka Raya.

Rancangan peraturan DPRD Kota tentang tata beracara BK merupakan salah satu cara DPRD Kota untuk menjaga kode etik dan tata tertib di lingkungan DPRD Kota Palangka Raya yang memiliki tujuan untuk menjaga kehormatan dan martabat citra dan kerbilitas DPRD Kota Palangka Raya serta dapat membantu dalam melaksanakan tugas dalam melaksanakan tanggung jawab kepada negara, masyarakat dan konstitusinya.

“Ini merupakan norma dan aturan yang menjadi landasan atau acuan utama dalam melaksanakan tata cara penyelidikan, verifikasi dan penjatuhan sangsi ataupun dalam hal pengambilan suatu keputusan yang berkaitan dengan tata bercara BK. Karena itu diharapkan Rancangan Peraturan DPRD ini dapat diselesaikan dengan baik menjadi produk hukum daerah yang aspiratif, solutif dan preventif serta memberikan kepastian hukum bagi masyarakat DPRD” kata Sigit K Yuniarto.

Berdasarkn pasal 187 undang-undangnomo 23 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah sebagaimana telah diubah beberapa kali, terakhir dengan undang-undang nomor 9 tahun 2015 tentang perubahan kekdua atas undang-undang nomor 23 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah, yang menyatakan bahwa DPRD menyusun kode etik yang berisi norma yang wajib dipatuhi oleh setiap anggota selama menjalankan tugas demi menjaga kehormatan,martabat, citra dan kredibilitas DPRD.

“Maka pemerintah kota palangka raya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada DPRD Kota Palangka Raya yang baru saja menyampaikan hasil fasilitasi gubernur terhadap rancangan peraturan DPRD Tentang kode etik, Ini membuktikan bahwa DPRD Kota Palangka Raya telah melaksanakan fungsi legislasinya sesuai dengan amanat konstitusi tertinggi tertinggi republik Indonesia yaitu Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945,” tutup Fairid. www.lintasberita1.com #RISMAN#

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *