Dishub Kalteng Akan Terapkan Perda Nomor 4 Tahun 2019 Untuk Tingkatkan PAD

PALANGKA RAYA, lintasberita1.com – Sektor pelayaran adalah salah satu lini yang kini menjadi fokus perhatian Gubernur Kalteng. Tidak hanya sebagai wadah dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD), juga untuk menghidupkan kembali aktivitas masyarakat di aliran sungai, yang notabennya saat ini orang lebih suka lewat jalur darat.

“Padahal jika aliran sungai yang ada di Kalteng di optimalkan sepenuhnya, truk-truk pengangkut barang mungkin akan berkurang karena beralih menggunakan kapal, yang mana biaya angkutnya lebih murah,” tutur Yulindra Dedy, S.STP., M.Si, kepada Lintasberita1.com saat ditemui di kantor Dinas Perhubungan Prov. Kalteng, Senin (27/07/2020) sore.

Oleh karena itu, Dedy mengungkapkan bahwa sektor Pelayaran menjadi perhatian pemerintah Prov. Kalteng untuk meningkstkan PAD, khususnya Objek Retribusi. “Hal tersebut sudah tertuang dalam Perda Nomor 4 Tahun 2019 tentang Retribusi Jasa Usaha, dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Kalimantan Tengah,” jelasnya.

“Objek retribusi pelayaran tersebut antara lain; Jasa tambat Kapal, Jasa Alur sungai, dan Pemanduan,” tambah Dedy.

Sebelumnya, mengenai hal ini sudah kami bahas dalam rapatkan yang dilaksanakan pada hari Jumat (24/07/2020) lalu, bertempat di Ruang Rapat Dinas Perhubungan Prov. Kalteng. Kegiatan dihadiri Kepala Kantor Kesyahbadaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas III Sampit dan Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Rangga Ilung.

“Salah satu hasil rapat tersebut adalah, Dishub Kalteng akan membuat sebuah aplikasi android untuk mempernudah pengusaha pelayaran dalam membayar biaya retribusi. Saat ini sudah mulai dikerjakan, dan dalam waktu dekat akan disosialisasikan kepada seluruh pengusaha yang berwadah di Provinsi Kalteng,” imbuh Dedy.

Lebih lanjut Dedy berharap, semoga oabjek retribusi di sektor pelayaran ini dapat segera dilaksanakan, dan dapat meningkstkan PAD di Prov. Kalteng.

“Target kami adslah, awal Tahun 2021 retribusi di sektor pelayaran sudah berjalan sepenuhnya,” pungkasnya. Www.lintasberita1.com, #PERDI#

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *