DAD Kobar Apresiasi Pembagian 500 Kotak Nasi Setiap Hari oleh Kodim 1014/Pbn

Kotawaringin Barat, lintasberita1.com – Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Kalimantan Tengah mengapresiasi atas upaya Kodim Pangkalan Bun (Pbn) dengan mendirikan dapur umum guna membantu masyarakat yang terkena dampak wabah corona. Dapur umum itu didirikan di lingkungan Makodim tepatnya sebelah Aula Nawahasta Kodim 1014/Pbn, Sabtu (13/06).

Komandan Kodim (Dandim) 1014/Pbn, Letkol Inf Yudi Rianto Ratu menyampaikan dapur umum ini setiap harinya mendistribusikan 500 makanan siap saji. Untuk menu masakan setiap harinya bervariasi sesuai dengan menu yang sudah di jadwalkan oleh anggota yang memasak di dapur umum Kodim ini.

“Ini untuk dibagikan kepada warga yang membutuhkan dengan cara (door to door) atau langsung diberikan kepada warga dirumahnya masing – masing. Untuk makan siang dan malam dibagikan sore hari yang terkena dampak penyebaran pendemi Covid-19,” tandasnya kepada lintasberita1.com.

Siapa saja yang akan mendapatkan bantuan makanan ini, imbuh Yudi, itu semua sudah didata oleh Anggota di lapangan khususnya Babinsa karena mereka punya data masyarakat diwilayah Desa Binaan mereka masing – masing.

“Teknis pendistribusiannya kita juga bersenergi dengan Polri yaitu Polres Kotawaringin Barat khususnya Babinkabtibmas bersama dengan Babinsa yang akan membagikannya,” kata Dandim.

Rencananya Dapur Umum Kodim ini akan berlangsung sampai Pendemi Covid-19 dinyatakan berahir. Bagi para donatur yang berminat ingin memyumbangkan apa saja ke dapur umum ini, Kodim siap untuk menerima dan selanjutnya akan diolah menjadi makanan siap saji untuk didistribusikan kepada warga yang berhak menerimanya.

Selain dari pada itu, untuk menjamin kebersihan makanan yang disajikan, personel Kodim yang mempunyai tugas berada di dapur umum tentunya mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Yaitu dengan pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk ke lingkungan dapur, di pintu masuk dapur juga disiapkan cuci tangan maupun hand sanitizer serta menerapkan jaga jarak.

“Tujuannya satu, kami peduli dan ingin berbagi untuk saudara kita yang berdampak wabah covid-19 kepada warga yang kurang mampu,” ungkap Letkol Inf Yudi Rianto Ratu saat meninjau dapur umum Kodim 1014/Pbn.

Sementara itu, Ketua Satgas DAD Kobar Wendy Suewarno mengatakan aksi sosial yang dilakukan oleh Kodim Pangkalan Bun di tengah kesulitan ekonomi warga patut mendapatkan acungan jempol. Pasalnya, dampak pandemi Covid-19 yang hampir 4 bulan ini bagi sebagian warga sangatlah terasa.

“Warga banyak yang kesulitan dalam memenuhi kebutuhan setiap harinya. Aksi sosial dengan membagikan 500 kotak nasi setiap hari oleh Kodim 1014/Pbn merupakan terobosan yang paling tepat,” ucapnya. (Wendy, S-LB1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *