Begini Tanggapan Ketua Komisi I DPRD Kalteng Terkait Pemekaran Provinsi Kotawaringin

PALANGKA RAYA, lintasberita1.com – Pertemuan yang dilakukan oleh Tim Presidium Daerah Persiapan Provinsi Kotawaringin dengan Ketua dan Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mendapat perhatian serius, khususnya dari Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kalteng.

Inti dari audiensi yang dilaksanakan di Ruang Rapat Gabungan tersebut adalah meminta kepada Ketua DPRD Kalteng agar presidium daerah persiapan provinsi Kotawaringin bisa dibawa ke meja paripurna.

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kalteng Freddy Ering mengatakan, untuk mewujudkan pemekaran provinsi Kotawaringin terwujud bukanlah sesuatu yang sangat sulit, asalkan Presidium bisa segera mengupdate data yang semula Tahun 2013.

Karena menurut Freddy, rencana pemekaran ini harus ditanggapi secara serius. Ia menyarankan agar Presidium juga dapat bekerja sama dengan perguruang tinggi, untuk melakukan kajian akademik dalam menambah aspek yang dapat mendorong kenapa harus Provinsi Kotawaringin.

“Pada dasarnya saya mendukung lahirnya Daerah Otonomi Baru (DOB) yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat. Dimana dijelaskan, untuk persoalan pemekaran pasca diterbitkannya UU Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah, maka seluruh usulan pemekaran wilayah harus mengikuti ketentuan yang telah diatur dalam UU tersebut,” ucap Freddy.

“Jadi kuncinya dalam pemekaran ini adalah update data,” lanjutnya.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kalteng H. Muhajirin juga menambahkan, penting yang harus ada dalam rencana pemekaran provinai Kotawaringin adalah penentuan Tapal Batas.

“Karena Tapal Batas kadang menjadi masalah yang serius di dalam pembahasan,” pungkasnya. www.lintasberita1.com, #PERDI#

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *