Banjir di Arutara Meluas, Gandis dan Sukaramai Ikut Terendam Air

Kotawaringin Barat, lintasberita1.com – Banjir yang disebabkan luapan air Sungai Arut di Kecamatan Arut Utara (Arutara) Kotawaringin Barat (Kobar) Kalimantan Tengah dampaknya makin meluas. Kini, tidak hanya Desa Kerabu, Pandau dan Sambi, namun Desa Gandis dan Sukaramai pun ikut terendam air.

Kabar terkini itu disampaikan oleh tokoh masyarakat Arut Utara,Yoner Gandis. Ia meminta agar pemerintah daerah melalui dinas terkait cepat tanggap dengan musibah banjir ini. Yoner juga memprediksi jika curah hujan masih tinggi besar kemungkinan separuh dari warga Gandis rumahnya akan terendam air.

“Sekarang rumah warga Gandis yang terendam sudah 12 rumah, Sukaramai 8 rumah dengan kedalaman hingga 1 meter. Kalau hari ini hujan lagi ya 50 persen rumah warga akan terendam banjir,” jelas Yoner melalui telephon cellulernya, Rabu (24/6).

Yoner menyampaikan, pada musibah kali ini sebelumnya dirinya berasama Camat Arut Utara sudah memantau dengan menggunakan speedboat milik BPBD Kobar.

“Tempo hari saya bersama Pak Camat Ikhsan memantau kesiapan warga karena debit air Sungai Arut semakin tinggi,” tandasnya.

Usai meninjau rumah warga, sambung Yoner, selanjutnya Camat menyampaikan perkembangan situasi banjir karena meluapnya air Sungai Arut kepada pemerintah daerah.

“Pihak kecamatan dan desa sudah bersinergi mengantisipasi banjir ini. Sekarang tinggal menunggu penanganan dari pemerintah daerah,” pungkasnya. (AN-LB1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *