KATINGAN, lintasberita1.com – Telah digelar acara silaturahmi kebangsaan antara Kapolres Katingan bersama elemen Pam Swakarsa dan Komunitas Beladiri untuk mewujudkan Pemilu 2019 aman, damai dan sejuk di Kabupaten Katingan, di gedung bertempat di Gedung Selawah Jalan Garuda II Kelurahan Kasongan Lama Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan, Jumat (5/4/2019) pukul 08.50 WIB.

Silaturahmi kebangsaan ini di inisiasi oleh Kapolres Katingan AKBP E. Dharma B. Ginting, S.H., S.I.K., M.H., yang di hadiri oleh Kapolda Kalteng yang di wakili oleh Dir Binmas Polda Kalteng Kombes Pol JA’FAR SODIQ, S.H., Bupati Katingan Sakariyas, S.E., Pabung 1015 Sampit – Katingan Mayor Inf Dedy Marwanto, Waka Polres Katingan Kompol Ok Azhar, S.E., Ketua KONI Kabupaten Katingan Suparto, Kepala SOPD Kabupaten Katingan, Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Katingan Drs. Duwel Rawing, Ketua FKUB Kabupaten Katingan H. Abdul Azis, Camat Sekabupaten Katingan, Kapolsek Sejajaran Polres Katingan, Para Demang Kepala Adat Sekabupaten Katingan, Para Mantir Adat Sekabupaten Katingan, Elemen Pengamanan Swakarsa dan Komunitas Beladiri Sekabupaten Katingan.

Dalam acara silahturahmi tersebut juga dilaksanakan pengangkatan Kapolres Katingan sebagai Bapak Asuh oleh Komunitas Beladiri yang ada di Kabupaten Katingan, yaitu Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) , Federasi Karate Do Indonesia (FORKI) dan Tae Kwon Do Indonesia (TI) yang tertulis dalam Nota Kesepahaman Bersama.

Kapolres Katingan AKBP E. Dharma B. Ginting, S.H., S.I.K., M.H., mengatakan, dalam hal pengamanan khususnya pada Pemilu 2019 Polri tidak bisa bekerja sendiri, harus melibatkan stakeholder yang lain dalam memberikan pengamanan. Untuk itu Polri khususnya Polres Katingan melibatkan elemen Pam Swakarsa dan juga Komunitas Beladiri, sesuai pasal 3 ayat (1) Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri yang menyebutkan pengemban fungsi Kepolisian adalah Kepolisian Negara Republik Indonesia, yang dibantu oleh Kepolisian Khusus, Penyidik Pegawai Negeri Sipil, dan Bentuk-Bentuk Pengamanan Swakarsa.

“Tugas pengaman pemilu 2019 ini adalah kehormatan dan kebanggaan Polri dibantu dengan TNI yang tidak dapat dinilai dengan apapun sekaligus menjadi amal ibadah yang akan mendapatkan balasan pahala dari Tuhan Yang Maha Kuasa bila dilaksanakan dengan tulus dan ikhlas, termasuk juga komunitas beladiri dalam membantu pelaksanaan kegiatan pengamanan pemilu 2019 yaitu untuk bisa ikut menjaga situasi khamtibmas yang aman, damai dan sejuk” jelas Kapolres Katingan.

Dalam acara silahturahmi kebangsaan tersebut juga dikumandangkan Deklarasi Kebangsaan yang dilanjutkan penandatangan deklarasi tersebut oleh Elemen Pam Swakarsa dan Komunitas Beladiri Sekabupaten Katingan.

Tugas pam swakarsa dan komunitas beladiri juga bernilai ibadah, menjaga soliditas dan menghilangkan ego, perkuat sinergitas dengan pemangku kepentingan baik pemerintah daerah, Polri, TNI, para tokoh agama tokoh masyarakat maupun komponen masyarakat lainnya dan gelorakan semangat kebersamaan menjaga situasi kamtibmas agar tetap kondusif dalam mewujudkan Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk di Kabupaten Katingan. Www.lintasberita1.com, #PERDI#