KATINGAN, lintasberita1.com – Sebanyak tujuh truk penyelundupan kayu illegal bersama delapan orang tersangka, berhasil diamankan Satreskrim Polres Katingan, Polda Kalteng di Jalan Tjilik Riwut KM 16, Kereng Pangi, Desa Hampalit, Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan.

Keberhasilan Polres Katingan dalam mengamankan kayu illegal ini diungkapkan saat press release di halaman Mapolres Katingan, Jum’at (11/1/2019) sekitar pukul 16.00 WIB.

Kapolres Katingan AKBP E. Dharma B. Ginting, S.H., S.I.K., M.H., mengatakan bahwa pihaknya melakukan penindakan dan mengamankan dua truk pada hari Selasa (8/1/2019) dan hari Kamis (10/1/2019) sekitar pukul 03.00 WIB mengamankan lima truk di TKP yang sama.

Para pelaku yang berprofesi sebagai sopir truk yaitu HSP , SN, W, E, MH, S, D, M, dan D, mengangkut kayu tanpa dilengkapi dengan surat yang sah.

“Dari ketujuh truck tersebut BB kayu yang diamankan sebanyak 48 kubik kayu olahan jenis Benuas,” jelas Kapolres Katingan.

Penindakan tersebut bermula saat anggota melaksanakan patroli mendapati truk bermuatan kayu. Pada saat dihentikan dan dilakukan pemeriksaan sopir tidak bisa menunjukkan SKSHHK dari muatan kayu tersebut. Kemudian tersangka dan barang bukti diamankan ke Polres Katingan untuk proses lebih lanjut.

“Atas perbuatannya, para pelaku dikenakan pasal 83 ayat (1) huruf b jo. Pasal 12 huruf e UU RI No. 18 thn 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan,” tukas Kapolres Katingan. Www.lintasberita1.com, #PERDI#