KATINGAN, lintasberita1.com – Dalam rangka meningkatkan upaya pemberantasan pungli di Kabupaten Katingan, digelar sosialisasi satgas saber pungli bertempat di aula DPRD Kabupaten Katingan Provinsi Kalimantan Tengah, Selasa (11/12/2018) pukul 09.00 WIB.

Turut hdir dalam kegiatan tersebut Kolonel CPL Suwadi (Kabagops Binda selaku ketua Pokja inteljen Prop Kalteng), Juriah, SH. MH (Jaksa madya pembina Asiseten pengawas pemeriksa kepegawaian dan tugas umum), Kompol Hendry Widiantono, SE. (Kasubag Dumasan Itwasda), Staf Itwasda Polda Kalteng, Bupati Katingan, Wakapolres Katingan, Ketua DPRD Kab. Katingan, Sekda Kab. Katingan, Wakil Ketua DPRD I, Asisten II Kab. Katingan, PJU Polres Katingan, Anggota DPRD Kab. Katingan, Anggota Kejaksaan Katingan, Unsur FKPD Kab. Katingan, Camat Sekabupaten Katingan, Para Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, tamu undangan dan insan Pers dengan total hadirin sebanyak 70 orang.

Kegiatan saber pungli adalah program pemerintah dalam mewujudkan kepemerintahan yang jujur dan adil dengan mengupayakan semaksimal mungkin dalam melaksanakan tugas, sehingga menimbulkan kesadaran menghilangkan pungli. Karena, pungli biasanya sering terjadi dibidang pelayanan.

Acara ini di isi dengan paparan dari narasumber, yakni dengan topik Pengertian Pungli dan Pungutan liar (Pungli) dalam perspektif Peraturan Perundang-undangan UU RI no 28 tahun 1999, UU RI no 31 tahun 1999, UU RI no 11 Tahun 1980, Perpres RI no 87 thn 2016, Kep Gub Kalteng no 188.44/279/2017 tgl 14 Juli 2017.

Kapolres Katingan AKBP E. Dharma B. Ginting, S.H, S.I.K., M.H yang dalam hal ini diwakili oleh Wakapolres Kompol OK. Azhar, S.E., mengungkapkan bahwa tugas Saber Pungli adalah memberantas pungutan liar secara efektif dan efisien dengan mengoptimalkan pemanfaatan personel, satuan kerja, sarana prasarana baik yang berada di kementerian /lembaga maupun pemerintah daerah.

Tim saber pungli mempunyai beberapa wewenang seperti membangun sistem pencegahan dan pemberantasan pungutan liar, melakukan operasi tangkap tangan serta melaksanakan evaluasi kegiatan pemberantasan pungutan liar.

“Kedepan pungli ini harus dihilangkan karena mengganggu pelayanan publik, bukan masalah berapa besar uangnya. Kecil besar punglinya mengganggu pelayanan publik, kita berharap Tim Satgas Saber Pungli yang sudah terbentuk di tingkat Kabupaten ini bekerja dengan baik agar kenyamanan masyarakat terjamin,” pungkas Wakapolres Katingan. Www.lintasberita1.com, #PERDI#