KATINGAN, lintasberita1.com – sebagai bentuk kesiapan kepolisian dalam menanggulangi ancaman dan gangguan Kamtibmas terutama menghadapi Pemilu 2019, Polres Katingan menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) di Lapangan Mapolres Katingan, Jum’at (21/9/2018) sekitar pukul 09.00 WIB.

“Simulasi Sispamkota tersebut dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kesiapsiagaan dan kemampuan Personel Polres Katingan dalam pengamanan Pesta Demokrasi 2019 mendatang,” kata Kapolres Katingan AKBP E. Dharma B. Ginting, S.H., S.I.K., M.H.

Lanjutnya, Rangkaian kegiatan ini adalah tentang adanya ketidakpuasan Masyarakat terhadap hasil penghitungan suara di kantor KPU Kabupaten Katingan.

“Seperti Masyarakat yang menuntut untuk dilakukan penghitungan suara ulang pasca pemungutan suara,” jelas Kapolres Katingan.

Team negosiator Polres Katingan dipimpin oleh Kasat Binmas AKP Sri Mulyono, S.H., yang diturunkan untuk menampung tuntutan dan aspirasi dari aksi damai massa. Negosiasi berjalan alot dan massa tetap tidak bisa menerima keputusan tersebut.

Kemudian di turunkan Tim Dalmas Awal Polres Katingan yang dipimpin langsung Kasat Sabhara AKP Suroto, dimana suhu emosi massa semakin tidak terbendung dan juga Korlap Aksi pun kembali mendatangkan massa yang lebih besar, sehingga eskalasi massa meningkat dan perlu mendatangkan team Dalmas Lanjut.

Sesuai dengan SOP (standar Operasional Prosedur) Pengaman kerusuhan Massa dilaksanakan sampai mendatangkan tim Dalmas Lanjut, beserta randis AWC untuk memecah konsentrasi massa, berikut juga diterjunkan team Pengurai Massa (Raimas).

Dengan kesiapsiagaan anggota Polres Katingan yang mengamankan kerusuhan Massa, akhirnya massa yang anarkis, arogan pun bisa dipecah belah dan berhasil dibubarkan. Akhurnya Kantor KPU dan petugas KPU Kabupaten Katingan berhasil diamankan sampai dengan situasi yang kondusif.

Penggelaran simulasi Sispamkota ini melibatkan semua anggota Polres Katingan demi mendukung kegiatan pesta demokrasi Pileg dan Pilpres 2019, dengan Operasi terpusat “Mantap Brata Telabang 2018”. www.lintasberita1.com, #PERDI#