PALANGKA RAYA, lintasberita1.com – Demi mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman, damai dan sejuk, Polres Katingan melaksanakan Deklarasi Pemilu 2019 di bundaran Kantor Bupati Katingan Jalan Garuda Kelurahan Kasongan Lama Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah, Minggu (16/9/2018) sekitar pukul 08.00 WIB.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, PJ. Bupati Katingan diwakili asisten III, Ketua DPRD Kab. Katingan, Kapolres Katingan, Bupati Katingan periode 2003-2013 / Ketua DAD Katingan, Wakil Bupati Terpilih 2018-2023.

Ketua KPU Katingan beserta Komisioner, Ketua Bawaslu Katingan dan Komisioner, Ketua Muhamadiyah Kabupaten Katingan, Ketua dan Sekretaris Parpol Peserta Pemilu 2019, Bacaleg (Daftar Calon Sementara) Pemilu 2019, dengan total jumlah yang hadir kurang lebih 300 orang.

Adapun pembacaan Deklarasi Pemilu 2019 oleh Ketua DPRD Kabupaten Katingan Ignatius Mantir L. Nusa yang diikuti oleh Parpol, Bacaleg (Daftar Calon Sementara) Pemilu 2019 dan Tamu undangan.

Kemudian dilanjutkan dengan Penandatangan Deklarasi Pemilu 2019 oleh Parpol Peserta Pemilu, FKPD, Tomas, Toga dan Toda Katingan.

Kapolres Katingan AKBP E. Dharma B. Ginting menyampaikan, Deklarasi Pemilu 2019 ini bertujuan untuk menghindari terjadinya pelanggaran dan tindak pidana saat Pileg dan Pilpres 2019 mendatang.

Menurutnya, tahapan kampanye merupakan Tahapan yanh cukup rawan dimana tahapan ini timbul pelanggaran maupun tindak pidana seperti, kampanye Hitam, Kampanye ditempat Ibadah, pengerusakan, penganiayaan, perkelahian antar pendukung dan sebagainya.

“Sehingga perlu adanya komitmen dan tekad para peserta Pemilu untuk tidak melakukan yang bertentangan dengan ketentuan aturan dan menyatukan tekad serta komitmen agar Pemilu 2019 di Kabupaten Katingan dapat berlangsung dengan Aman, Damai & Sejuk,” ucap Kapolres Katingan.

“Harus saling menghargai pebedaan pendapat dan hindari perbuatan menghina atau menjelek-jelekan orang lain,” lanjutnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya Kapolres Katingan mengajak, kepada seluruh elemen untuk tetap menjaga situasional di Kabupaten Katingan, sehingga mewujudkan Pemilu 2019 aman, damai dan sejuk dapat tercapai.

“Karena, Negara Kita ini terbentuk dari Kemajemukan baik agama, suku, budaya dan Adat Istiadat,” kata Kapolres Katingan.

Ditempat yang sama PJ Bupati Katingan I. Sangkai diwakili asisten III mengatakan, bahwa ia sangat mendukung dengan diselenggarakannya Deklarasi Pemilu 2019 ini, tentunya dengan harapan dapat menjaga persatuan dan kesatuan di Kabupaten Katingan.

“Semoga Deklarasi Pemilu 2019 ini dapat menjaga persatuan dan kesatuan kita di Kabupaten Katingan, dengan aman, damai serta sejuk” tuturnya. www.lintasberita1.com, #PERDI#